penjelasan reaksi fotosintesis

konsep awal kita adalah, asimilasi atau fotosintesis terjadi pada tumbuhan hijau, kenapa…? karena memerlukan klorofil. Jadi yang tidak berklorofil, tidak bisa berasimilasi (fotosintesis).

Asimilasi terjadi pada daun, lebih tepatnya pada jaringan parenkim palisade, mengapa…? karena jaringan parenkim palisade memiliki kloroplas, dan kita tahu kloroplas adalah tempat penghasil klorofil.

Pada jaringan parenkim palisade, terdapat Grana dan stroma. Bagian inilah termpat terjadinya reaksi fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Reaksinya ada dua tahapan, tahap pertama (reaksi terang) terjadi pada grana. Reaksinya adalah air (H2O) dipecah menjadi ion hidrogen positif dan gas oksigen. Gas oksigen dihasilkan pada tahap pertama kemudian dilepaskan ke lingkungan, sehingga udara bisa kita hirup dengan segar.

tahap kedua (reaksi gelap) terjadi pada stroma, reaksinya adalah bercampurnya ion hidrogen dengan gas karbondioksida menjadi glukosa atau zat gula, yang akan disimpan dan digunakan oleh tumbuhan.

Bukti dari fotosintesis ini adalah dengan hidupnya makhluk ciptaan Allah Swt selain tumbuhan hijau, misal manusia dan glukosa dapat dibuktikan dari amilum pada ubi/ rasa manis pada buah rambutan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s