FOTOSINTESIS ITU KEAJAIBAN (I)

Bagaimana tumbuhan itu….?

warna daunnya apa ya…….?

mengapa daunnya beraneka bentuk dan warna…..?

Apakah tumbuhan dapat membuat makanan………?

Bagaimana caranya…….?

Siapa yang senang di bawah pohon, disiang hari…………?

Pernahkah menanam pohon…………………..?

Tumbuhan memiliki warna yang khas, ada yang berdaun warna merah, berdaun warna hijau, berdaun warna lainnya. Dan, yang paling sering kita jumpai adalah tumbuhan dengan daun berwarna hijau. Makhluk hidup tersebut adalah makhluk ciptaan Allah Swt.

Tahukah kamu, organisme apakah yang pertama kali diciptakan……….?

Mengapa tumbuhan….?

Benar, tumbuhan adalah organisme yang dapat membuat makanan sendiri atau makhluk autotrof. Sebagai makhluk autotrof, tumbuhan sangat penting bagi makhluk hidup lainnya.

Sementara ini, Bumi yang kita tinggali masih memiliki jumlah tumbuhan hijau yang ‘cukup’ untuk menyegarkan lingkungan. Tanpa tumbuhan, boleh jadi tidak ada manusia…?

Mengapa………..?

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

‘Makhluk hidup yang manja’

Hewan, manusia dan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil tidak dapat membuat makanan sendiri, mereka tergantung dengan tumbuhan hijau. Hal inilah yang menjadikan hewan, manusia dan tumbuhan tak berklorofil sebagai konsumen bagi tumbuhan hijau.

Bagaimana prosesnya sih……….?

Tumbuhan melakukan proses memasak pada daunnya dengan menyerap sinar matahari. Sinar matahari memilki tujuh sinar yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru nila dan ungu. Dari tujuh sinar hanyalah sinar merah dan nila yang diserap oleh daun, dan sinar lainnya dipantulkan kembali ke lingkungan.

Allah swt, menciptakan bumi dengan penuh perhitungan, bumi ini tidak menjadi dingin dan beku sebagaimana planet lainnya, karena adanya matahari. Matahari merupakan salah satu benda antariksa yang memancarkan energi panas hingga menembus lapisan ozon bumi.

Panas sinar matahari inlah yang diserap oleh tumbuhan sebagai sumber energi. Energi matahari yang diserap tumbuhan terutama daun, sebagai salah satu prasyarat terjadinya proses memasak pada daun, dimana kita mengenalnya dengan istilah fotosintesis.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s