Makanan terbentuk di Tumbuhan

BUMI ciptaan Allah Swt, telah memiliki segala apa yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam mereaksikan kebutuhan hidupnya, kita mengenal makanan,

misal tempe, telur, tahu, daging, sayuran, buah mangga, buah pepaya.

Semua itu terbentuk karena berkumpulnya bagian-bagian kecil, yang kita kenal unsur. Nah, unsur apakah yang akan dibutuhkan oleh tumbuhan, inilah unsur yang ada di bumi kita!!

Unsur Makro

Yang termasuk unsur makro adalah karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, belerang, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium

    Unsur Karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O)

Unsur tersebut berfungsi untuk membentuk senyawa karbohidrat, protein, lemak. Proses pembentukannya melalui peristiwa fotosintesis, respirasi dan fermentasi.

    Unsur Nitrogen (N)

Unsur nitrogen diperlukan oleh daun tumbuhan untuk menyusun klorofil, apabila kekurangan maka daun berwarna kuning. Nitrogen dibentuk untuk dapat menyusun protein, dan protein diperlukan tumbuhan di bagian protoplasma, klorofil, enzim, hormone dan cadangan makanan.

Sifat nitrogen adalah mobile, artinya dapat berpindah-pindah dari bagian jaringan yang sudah tua ke jaringan yang muda.

    Unsur Belerang atau Sulfur (S)

Unsur belerang diperlukan untuk mengaktifkan kerja enzim dan penyusun senyawa protein. Unsur belerang diserap tumbuhan dalam bentuk ion sulfat.

Tumbuhan akan terihat pucat kekuningan apabila kekurangan unsur ini.

    Unsur Fosfor (P)

Unsur fosfor diperlukan tumbuhan untuk menyusun gula fosfat pada asam nukleat yang terdapat dalam Gen (kromosom). Unsur ini ditemukan pada batang, ujung akar dan cambium.

    Unsur Kalium (K)

Unsur kalium berfungsi untuk mengaktifkan kerja enzim, pembelahan sel, sintesis karbohidrat, sintesis protein, pembentukan klorofil, membuka dan menutupnya stomata.

Tumbuhan yang kekurangan unsure ini akan terhambat proses fotosintesisnya dan peningkatan proses pernapasan, ditandai dengan daun berwarna kuning, terdapat bercak-bercak jaringan mati di daun, batang mudah patah dan pertumbuhan terhambat.

    Unsur Kalsium (Cl)

Unsur ini berfungsi untuk membentuk dinding sel. Tumbuhan yang kekurangan unsure ini maka akan mongering pada ujung tumbuhan.

    Unsur Magnesium (Mg)

Unsur magnesium berfungsi untuk menyusun klorofil, pengaktif enzim pada metabolisme, respirasi. Kekurangan unsur ini maka akan terjadi menguningnya daun.

    Unsur Mikro

Unsur mikro diperlukan dalam jumlah kecil, unsure ini meliputi mangan (Mn), Boron (B), seng (Zn), tembaga (Cu), besi (Fe), molybdenum (Mo). Unsur ini berfungsi dalam metabolisme tubuh. Unsur besi berperan dalam fotosintesis dan respirasi, boron berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, unsure seng untuk mempercepat sintesis hormone auksin, mangan dan tembaga untuk mengaktifkan kerja enzim, molybdenum berperan dalam pembentukanasam amino.

    Unsur Fungsional

Merupakan unsur yang diperlukan dalam jumlah kecil pada tumbuhan tertentu, yaitu tumbuhan dengan proses khusus. Unsur fungsional meliputi natrium (Na), silicon (Si), aluminium (Al), dan klorin (Cr)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s