Fotosintesis itu mudah…..

FOTOSINTESIS UNTUK KITA…..

Kalian sudah mengerti bagaimana proses fotosintesis terjadi, nah….manusia dan makhluk hidup lainnya mendapatkan keuntungan apa atas proses biokimia itu…?

1. Fotosintesis dan metabolisme

Hasil fotosintesis adalah glukosa atau amilum karbohidrat. Zat gula atau glukosa diperlukan untuk energi metabolisme tubuh tumbuhan, dimana tumbuhan yang mengalami pertumbuhan akan mengubah glukosa menjadi energi. Dan, apabila terdapat sisa zat glukosa maka akan disimpan dibagian tertentu pada tumbuhan, misal pada ubi, pada batang, pada buah.

Sumber : www.lablink.or.id

b. Fotosintesis dan perpindahan energi

Cadangan makanan pada tumbuhan hasil fotosintesis dapat disimpan dalam bentuk zat pati pada umbi, proteion pada kacang, gula pada buah. Zat itulah yang kemudian dimakan oleh konsumen, dan terjadi perpindahan energi dari tumbuhan ke hewan atau manusia.

Sumber : geoscopio.com

c. Fotosintesis dan perpindahan gas

Fotosintesis menghasilkan gas oksigen, gas inilah yang kemudian dilepas dan mengisi kembali udara yang ada di bumi, kemudian tumbuhan menyerap carbondioksida untuk fotosintesis, gas yang diserap antara CO2 dan yang dilepas O2 dengan jumlah yang sama, keseimbangan alam inilah yang menjadikan kita bisa merasakan udara segar bila berada di bawah pohon rindang disiang hari.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s