ke-Biologi-an ada dalam puasa

Tanggal 1 September 2008 merupakan saat yang nyenengkeh bagi umat muslim. Tanggal itu hingga 30 hari sesudahnya, warga muslim bakal memiliki target amal yang seabrek. Karena sebulan penuh, pahala tuh ngalir kaya sungai firdaus.

Coba kita bayangkan….pahala kaya air sungai yang tak kenal musim hujan pa musim kemarau. Apatuh….benar, bulan besuk, tepatnya September 2008, kita bakalan puasa ramadhan. Puasa bagi yang mampu dan tidak terhalang oleh usia yang udzur atau, sakit ataupun baru hamil dan menyusui.

Banyak warga muslim yang menantikan bulan berkah ini, dari ujung barat hingga ujung timur, dari kutub utara sampai kutub selatan, kalo muslim dan udah baligh so pasti bakalan puasa.

Warga muslim yang baek hati dan ramah senyum lagi manis parasnya. Puasa merupakan salah satu rukun islam, masih ingat tentunya dengan rukun Islam, nah puasa wajib kita kan bulan ramadhan, bulan lain paling untuk puasa sunah. Gimana, dah persiapan belum, menyambut bulan baek nih…

Coba kita bareng-bareng membahas ada apa dengan puasa ramadhan. Puasa ramadhan didasarkan atas surah Al baqarah ayat 183, ya ayuhalladi naamanu kutiba alaikumus siyam kama kutiba alalladi naa min kablikum laalakum tattaqun, hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

ilmu biologi membahas dengan cermat akan perintah allah swt akan puasa ramadhan. makhluk hidup yang telah diciptakan meliputi tumbuhan, hewan, mikroorganisme dan manusia. Bumi dengan banyak benua (daratan) dan air baik lautan maupun sungai, sebagai media komunikasi dalam berkehidupan yang dinamis. Makhluk hidup secara mendasar memiliki kemampuan yang telah dianugerahkan dalam beradaptasi untuk tetap survive (lestari).

Bumi yang kita tempati sementara ini, bergerak dengan berputar pada porosnya selama 24 jam. Pergerakan tersebut memberikan efek yang berbeda di berbagai belahan bumi, alhasil ada negara yang bermusim empat dan ada yang bermusim dua.

dengan berbagai fenomena musim dibeberapa benua, menjadikan makhluk hidup mestilah mampu untuk menyesuaikan diri, yang kita kenal dengan iritabilitas dan adaptasi. Di benua yang sedang musim dingin, maka tanaman dan hewan berusaha untuk menjaga suhu tubuh dengan memperlambat metabolisme tubuh, dan ada yang berdiam diri, karena persediaan logistik yang terbatas dalam sarangnya, dan juga beberapa hewan tidaklah mungkin akan berada di udara segar, karena turunnya salju.

Artinya, tumbuhan dan hewan secara tidak langsung dapat dikatakan sedang menunda makan (puasa). Didaerah yang terjadi musim panas, maka ada tanaman yang menggugurkan daunnya, dan menunda atau menghambat respirasi dan transpirasi, sehingga air dalam tubuhnya tidak banyak yang keluar, dengan kondisi demikian, tumbuhan pun berpuasa.

Ada beberapa hewan lagi yang juga puasa di musim dingin dengan cara yang berbeda, yaitu : kelelawar, tikus, landak, katak, kadal air, ular, tawon, beruang, buaya. Mereka bersikap demikian untuk tetap menjaga metabolisme tubuh yang melambat sehingga energi kalor (panas) tidak keluar dari tubuh secara percuma, dan melakukan sedikit aktivitas.

Puasanya makhluk hidup pada musim digin tersebut kita kenal dengan masa hibernasi, dan organisme berpuasa dimusim panas kita kenal aestivasi.

Ada yang menarik lagi, beberapa hewan yang berada pada musim kawin pun melakukan puasa, yaitu ikan salmon, penguin, angsa, singa laut, anjing laut, ulat bulu.

Tahukan kamu bagaimana mereka berpuasa….? Iguana berpuasa hingga beberapa bulan ketika tertangkap oleh pemburu, anjing berpuasa hingga beberapa waktu ketika majikannya meninggal, hewan herbivora akan berpuasa ketika mereka kena penyakit hingga sembuh.

Nah bagaimana manusia…..? manusia memiliki kecerdasan yang lebih, sistem organ yang kompleks dan modern. Kita tahu bahwa manusia memiliki organ digesti atau sistem pencernaan. Tugas sistem pencernaan adalah memecah belah zat makanan hingga dapat diserap oleh usus dan diedarkan oleh sel darah merah dan sel darah putih.

Karena jumlah makanan yang masuk dalam sistem pencernaan banyak, menjadikan penyakit dan zat yang baik masuk kedalam sistem tubuh, akhirnya terjadi beberapa gejala yang menjadikan tubuh merasakan tidak sehat, kondisi yang demikian menjadikan tubuh untuk beristirahat yaitu puasa.

penulis ervan

referensi mata kuliah biologi sel, manusia, puasa itu menyenangkan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s