Lesson Plan “Fotosintesis itu mudah”

Subject : Biologi

Sub subject : Fotosintesis

Class : 2

Standar Kompetensi : siswa memahami proses fotosintesis pada tumbuhan hijau

Kompetensi Dasar : siswa memahami proses fotosintesis

siswa dapat membuktikan proses fotosintesis dengan percobaan ilmiah yang murah

Tumbuhkan

Proses belajar di kelas biologi dimulai dengan berdo’a, dilanjutkan salam semangat dari guru :

Apa kabar hari ini……?

Alhamdulillah……….Luar biasa……..Tetap semangat…..tetap ceria………Allahuakbar

Are you ready…….?

we are ready sir.

dilanjutkan dengan sedikit permainan.

Siswa membuat lingkaran dengan menghadap ke dalam, kemudian dilanjutkan dengan memberikan beberapa kata yang bersambung dengan tema tumbuhan hijau dan usaha memenuhi makanan bagi dirinya.

Siswa yang berhasil maka akan mendapatkan satu bintang dan siswa yang pas atau belum dapat melanjutkan kalimat rekannya maka akan mengangkat satu kaki.

Alami

siswa diberikan satu buah kertas, kemudian diminta untuk meneruskan gambar tumbuhan yang belum lengkap, kemudian mewarnainya.

Guru meminta, siswa untuk memperbanyak daunnya. Kemudian melengkapi hingga tanaman itu sempurna.

Setelah itu kertas ditempel di dinding softboard, dan siswa beberapa diminta untuk menceritakan gambar itu (diambil 2 siswa)

Guru, menanyakan, bagaimana tumbuhan dari biji dapat tumbuh besar hingga pada gambar kalian terdapat buah…? siswa menjawab dengan mengangkat tangannya.

Namai

diskusi tersebut diarahkan pada kata fotosintesis, kemudian siswa mendefenisikan apakah fotosintesis itu…?

hingga didapatkan konsep Fotosintesis.

Dilanjutkan dengan tumbuhan apa saja yang dapat berfotosintesis….?

siswa diskusi.

Alhasil hanya tanaman yang memiliki klorofil yang dapat berfotosintesis.

Kemudian bagaimana fotosintesis terjadi, siswa berdiskusi mengenai prosesnya…?

Guru bertanya jaringan apa saja yang terlibat, bahannya dan hasilnya….?

Didapatkan jaringan Parenkim Palisade dan Parenkim Spons, tepatnya di organel Grana dan Stroma

Siswa membuat Bagan reaksi di Grana dan Stroma

Demonstrasi

Setiap kelompok mendapatkan Alat : kantong plastik, karet gelang

Bahan : sampah, air

Percobaan dengan :

1. menentukan tanaman yang akan diuji yang telah tumbuh dilapangan/ kebun sekolah

2. membakar sampah

3. menampung gas CO2 dari asap pembakaran sampah dengan kantong plastik

4. tanaman yang berdaun lebar, kemudian daunnya ditutup dengan kantong plastik yang berisi gas CO2

5. akar tanaman disiram dengan air

6. sinar matahari menyinari kantong plastik yang menutupi daun pohon

7. 15 menit kemudian reaksi terjadi, berupa perubahan gas pada kantong plastik.

8. Pembuktian apakah itu gas oksigen, maka siswa menguji dengan memasukkan korek api yang menyala, apabila menyala maka hipotesa benar, atau dengan menghirup udara tersebut, apabila segar maka hipotesa bahwa itu oksigen benar.

9. siswa membuat laporan dan meyimpulkan hasil percobaan.

Ulangi

masing-masing kelompok mempresentasikan percobaan mereka maksimal 10 menit.

diberikan tes

Rayakan

karena hari ini kita telah menjadi bagian dari peneliti, plous untuk kita dan keberhasilan, sukses selalu

ditutup dengan do’a, alhamdulillah dan kifaratul majlis.

Bogor

Guru Biologi

Ervan Nugroho R, S.Pd

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s